Devi Riska Juliani D Jalani Ujian Tutup Tesis, Bahas Kurikulum Madrasah Plus Keterampilan

  • 14 Mei 2025
  • 11:01 WITA
  • Administrator
  • Berita

Samata-Gowa Rabu, 14 Mei 2025, Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar kembali melaksanakan ujian tutup tesis sebagai salah satu tahapan akhir studi magister. Kali ini, mahasiswa atas nama Devi Riska Juliani D dengan NIM 80300223012 dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam mengikuti ujian tutup dengan judul tesis: “Manajemen Kurikulum MAN 1 Bone sebagai Madrasah Plus Keterampilan”. Kegiatan berlangsung pada pukul 13.30 WITA di Ruang Prodi MPI, Gedung Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Dalam surat undangan resmi, ujian ini dijadwalkan menghadirkan empat dosen penguji, yaitu: Prof. Dr. H. Syahruddin Usman, M.Pd. (Promotor/Ketua), Dr. St. Syamsudduha, M.Pd. (Kopromotor/Sekretaris), Dr. Hj. Andi Halimah, M.Pd. (Penguji Utama 1), dan Dr. Ridwan Idris, M.Pd. (Penguji Utama 2). Namun, pada pelaksanaannya, yang dapat hadir dan terlibat langsung dalam proses pengujian adalah Dr. St. Syamsudduha, M.Pd. dan Dr. Hj. Andi Halimah, M.Pd.. Sementara itu, Prof. Dr. H. Syahruddin Usman, M.Pd. dan Dr. Ridwan Idris, M.Pd. berhalangan hadir karena kesibukan akademik lainnya.

Tesis yang ditulis oleh Devi Riska Juliani D membahas secara mendalam tentang manajemen kurikulum di MAN 1 Bone sebagai madrasah yang mengintegrasikan keterampilan vokasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum keterampilan di madrasah tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, wakamad kurikulum, guru keterampilan, dan tenaga kependidikan lainnya.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di MAN 1 Bone telah berjalan cukup optimal dalam memberikan bekal keterampilan vokasional seperti tata busana dan pengelasan kepada peserta didik. Pelaksanaan kurikulum dilakukan melalui pendekatan blended learning dan learning by doing, serta didukung oleh integrasi antara teori dan praktik. Meskipun masih menghadapi beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan minat siswa, madrasah terus berinovasi dalam memperkuat implementasi kurikulum keterampilan.

Penelitian ini juga memberikan sejumlah rekomendasi, di antaranya perlunya perencanaan kurikulum yang lebih terstruktur dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, pelibatan tenaga pendidik keterampilan dalam perencanaan serta peningkatan kemitraan dengan dunia industri dinilai penting untuk keberlanjutan program madrasah plus keterampilan. Harapannya, madrasah seperti MAN 1 Bone dapat menjadi contoh pengembangan pendidikan yang seimbang antara akademik dan vokasional.

Setelah menjalani ujian, Devi Riska Juliani D menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada para dosen penguji, khususnya kepada Dr. St. Syamsudduha, M.Pd. dan Dr. Hj. Andi Halimah, M.Pd. yang telah meluangkan waktu dan memberikan banyak masukan yang membangun. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada dosen yang tidak sempat hadir dan berharap tetap dapat menerima hasil karyanya secara penuh. Devi mengungkapkan bahwa ujian ini bukan hanya menjadi tahap akhir, melainkan momentum refleksi dari proses panjang yang ia jalani. Ia berharap hasil penelitiannya dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan madrasah berbasis keterampilan di Indonesia.


Penulis: Nur Hikmah Maudinah